-->

Tips Sukses UN Bahasa Inggris 2019 Kesatu


Tips Sukses UN Bahasa Inggris 2019 Kesatu. Bahasainggris-pintar kali ini akan membahas tentang tips sukses UN (Ujian Nasional) Bahasa Inggris tahun 2019. Salah satu kunci untuk menunjang kesuksesan menghadapi Ujian Nasional Bahasa Inggris, selain menguasai perbendaharaan kata (vocabulary) yang kerap muncul pada soal juga perlu memahami soal dengan cara menguasai formula 5 W + 1 H. Apa itu 5 W + 1 H? Yaitu What, Why, Where, When, Who, dan How. Untuk soal teks ibarat Narrative, Recount, Descriptive, Report dan Procedure hampir selalu memakai kata tanya (question word) 5 W, 1 H tadi. Yang pertama yaitu anda harus tahu arti dan penggunaanya dalam suatu kalimat tanya yang membutuhkan balasan sesuai dengan kata tanya yang digunakan.

 Salah satu kunci untuk menunjang kesuksesan menghadapi  Tips Sukses UN Bahasa Inggris 2019 kesatu
Latihan UNBK Bahasa Inggris di Lab MTs Walisongo Tulis

Penggunaan Formula tadi diadaptasi dengan tenses masing-masing. Jika Narrative dan Recount memakai tenses, Past tense (Simple past dan past continuous), maka untuk Teks Descriptive, Report dan Procedure menggunakan tenses, Present tense (simple present). Untuk Narrative biasanya wacana dongeng fiktif ibarat legenda, dongeng rakyat, mitos, dll. Sedangkan untuk recount biasanya mengenai pengalaman liburan dll. Selanjutnya untuk Descriptive biasanya discuss wacana Deskripsi sesuatu sanggup orang, tempat, hewan yang bersifat khusus (particular) sehingga memakai subjek khusus/tunggal (he, she, it). Kemudian untuk Report membahas wacana deskripsi secara umum sehingga memakai subjek atau kata ganti jamak (they), alasannya yaitu membicarakan secara umum wacana sesuatu (general). Untuk Procedure text, umumnya memakai imperative.

Contoh penggunaan 5 W + 1 H dalam soal 5 jenis teks di atas:
Narrative:
1. What did the mouse do to help the lion?
2. When did snow white go to the forest?
3. Where did Malin kundang live?
4. Why did the mousedeer cheat the crocodile?
5. Who took the gold?
6. How did the lion escape from the hunter?
Recount
1. Where did the writer go?
2. When did he arrive at the campsite?
3. Where did she go?
4. Why was she so sad?
5. Who took the writer’s wallet?
6. How was the writer’s feelings?

Descriptive
1. What does Nisa look like?
2. When does the writer feed the cat?
3. Where does it sleep?
4. Why is the bird  hungry?
5. Who feeds the pet?
6. How  does the monkey eat banana?
Report
1. What do they eat?
2. When do elephants move to another place?
3. Where do lions live?
4. Why are they thirsty?
6. How  do crocodiles attack their preys?
Procedure
1. How many steps are there in the text?
2. What is the third step?
3. Where do we put the oil?
4. Why do we have to press exit button?

Perhatikan untuk soal Narrative dan recount memakai kata bantu “did” untuk menyatakan lampau. Kemudian pada kalimat nominal memakai “was/were”. Kemudian untuk teks descriptive, report dan procedure, memakai kata bantu “ do/does”. Pada kalimat nominal memakai to be “is/am/are”.

Untuk belajar 5 W + 1 H bisa klik di sini. Memahami soal sangat penting  agar kita tidak salah dalam menjawab. Oleh sebab itu, setidaknya kita mengetahui arti kata tanya yang dipakai beserta tenses untuk kalimat jenis teks di atas.

Untuk Tips sukses UN 2019 pertama ini difokuskan pada 5 jenis teks, beserta kata tanya serta tenses yang digunakan. Semoga tulisan diatas bisa membantu adik-adik semua dalam belajar Bahasa Inggris dan mendapatkan nilai yang memuaskan dalam Ujian Nasional (UN) 2019. Selanjutnya penulis akan bahas Tips Sukses UNBK 2019 kedua di postingan selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sukses UN Bahasa Inggris 2019 Kesatu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel