-->

Perbedaan Present, Past, and Future Continuous Tense


Perbedaan Present, Past, and Future Continuous Tense. Kali ini bahasainggris-pintar akan membahas materi tentang perbedaan dan persamaan tenses Present Continuous, Past Continuous, dan Future Continuous. Ketika penulis buka di outline materi kelas 9 Kurtilas,  di situ terdapat materi tenses khusus untuk bentuk continuous/progressive tense. Setelah penulis membaca goal atau objective yang hendak dicapai ialah bahwa siswa sanggup memahami 3 tenses berbasis continuous, yakni: Present Continuous, Past Continuous, dan Future Continuous Tenses.

Ketiga bentuk tenses di atas seringkali diaplikasikan dalam percakapan sehari-hari dan merupakan tenses penting yang harus dikuasai oleh siswa bukan hanya untuk mendapat nilai tinggi, akan tetapi yang terpenting ialah mereka memahami konsep dan menerapkan konsep itu dalam obrolan percakapan, dalam komunikasi pribadi dengan lawan bicara.


Ketiga tenses di atas mempunyai persamaan dan perbedaan masing-masing. Persamaanya ialah ketiga-tiganya memakai continuous, atau sedang terjadi atau sedang berlangsung.  Berikut ini akan penulis bahas ketiganya:

I.
Present continuous
Bentuk waktu dipakai untuk menyatakan action atau tindakan yang sedang terjadi atau berlangsung dikala ini juga. Adverb of time atau keterangan waktu yang dipakai umumnya adalah: now, right now, at the moment, today, etc.
Pattern/pola kalimat:
S + to be (am, is, are) + V-ing ...
Untuk membentuk kalimat negatif cukup menambahkan –not di belakang –to be, sedangkan untuk membentuk kalimat tanya maka –to be diletakkan di awal kalimat.
Perhatikan pola berikut ini:
1. (+) Samir is eating meatball now.
    (-) Samir is not eating meatball now.\
    (?) Is Samir eating meatball now? Yes, he is.
    Contoh memakai WH Question:
    What is Samir eating now? He is eating meatball.

2. (+) Dea and Doni are playing tennis at the moment.
    (-) Dea and Doni are not playing tennis at the moment.
    (?) Are Dea and Doni playing tennis at the moment? No, they are not.
    Contoh memakai WH Question:
    Where are they playing tennis right now?
   They are playing tennis at the tennis court behind my house.
II.
Past continuous
Bentuk waktu ini pada pada dasarnya sama dengan Present continuous. Yang membedakan ialah bahwa aktifitas terjadi di masa lampau. Adverb of time  penanda yang dipakai sama ibarat simple past tense, yaitu: yesterday, last night, one hour ago, dll. Past continuous dipakai untuk menyatakan action yang sedang terjadi di masa lampau dan berlanjut di masa lampau juga tidak ada kaitannya dengan dikala ini. Bentuk waktu ini biasanya diperjelas dengan memperlihatkan dua aktifitas lampau yang ditandai kata hubung when atau while.  Untuk when diikuti simple past, kemudian while selalu diikuti past continuous.
Pattern/pola umum:
S + to be (was were) + V-ing...
Untuk kalimat negatif cukup menambahkan –not dibelakang to be (was/were), sedangkan kalimat tanya atau interogative –to be ditempatkan di awal kalimat.
Contoh:
1. (+) Dian was sleeping when her father knocked the door.
    (-) Dian was not sleeping when her father knocked the door.
    (?) Was Dian sleeping when her father knocked the door?
         Yes, She was.
Perhatikan bahwa kaliamt di atas terdiri dari dua kalimat, yang pertama kalimat past continuous dan yang kedua simple past. Ingat sesudah ‘when’ diikuti oleh simple past.

2. (+) While my friend and I were watching television yesterday, My mom finished                cooking fish.
Perhatikan pola kalimat di atas sesudah ‘while’ diikuti past continuous tense.


III.
Future continuous
Future continuous ini dipergunakan untuk menyatakan action yang sedang terjadi di masa yang akan tiba (future) perbedaan dengan simple future ialah jikalau future continuous menitikberatkan pada durasi atau proses. Untuk adverb of time sama memakai keterangan waktu seperti: tomorrow, tonight, next month, by octobe, by 7 p.m., etc.
Pattern/Pola umum:
S + shall/will + be + V-ing...
Untuk membentuk kalimat negative, sesudah shall/will  ditambahkan –not, sedangkan untuk membentuk kalimat tanya, modal shall/will ditempatkan di awal kalimat. Contoh:
1. (+) By August 17 this month, We shall be celebrating our indepence day.
    (-)  By August 17 this month, We shall not be celebrating our indepence day.
    (?) By August 17 this month, shall we be celebrating our indepence day?
         Yes, We shall. No, we shall not.
2. The plane will be landing in Ahmad Yani Airport by 4 p.m.

Demikian postingan  mengenai ketiga tenses tersebut. Tentunya ketiganya mempunyai perbedaan yang dipergunakan dalam moment yang berbeda-beda pula. Penulis berharap para pembaca tidak hanya mengejar nilai semata, tapi yang lebih penting ialah menerapkan konsep di atas dalam percakapan komunikasi Bahasa Inggris aktif. Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk Anda sekalian. Amin. Terima kasih atas kunjungannya. Wait for the next posts.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Present, Past, and Future Continuous Tense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel