-->

Contoh Teks Recount tentang Liburan dan Terjemahannya


Kali ini blog bahasainggris-pintar akan berbagi salah satu Teks Recount yang muncul pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas 8 dan hampir selalu muncul di soal-soal UNBK dari tahun ke tahun selama lebih dari 10 tahun terakhir. Teks ini diambil dari Soal Simulasi UNBK SMP Bahasa Inggris 2019. Agar lebih mudah dipelajari dan menjadi materi pembelajaran, akan diperlihatkan juga terjemahannya dalam Bahasa Indonesia.
Teks Recount merupakan salah satu teks dari 5 teks genre yang diajarkan di SMP/MTs selain Descriptive Text, Report Text, Narrative Text dan Procedure Text yang sangat perlu dipelajari karena selain menambah kosakata juga sanggup memperlihatkan adaptasi dalam memahami dan menganalisis teks baik dari Fungsi sosial, struktur teks maupun ciri kebahasaannya.


Recount text
My experience during the semester holiday
During the semester holiday, My family and I went to the garden centre to buy some plants and seeds for our garden. It was a sunny day when we went there.
When we arrived, we had to find a place to park because the car park was packed full of cars. We managed to find a place to park eventually but  it was a tight squeeze and we had to be careful opening the car’s door to avoid banging the other cars. After that, we went into the store looking for some seeds and buying some peas, carrot and lettuce packets. We then went to look a the plants and mum chose a planter full of flowers. Finally, we paid for all our purchaces at the checkout counter  before finding our car.
We  really enjoyed our trip, especially when dad said we could buy ice cream from the van in the car park. It was great.

Terjemahan:
Selama liburan semester, Saya dan keluarga pergi ke sentra penjualan tanaman untuk membeli tanaman dan biji untuk ditanam kembali di kebun kami. Cuacanya cerah saat kami pergi ke sana.
Sesampainya di sana, kami harus mencari kawasan untuk parkir karena ternyata tempat parkir kendaraan roda empat sangat penuh. Kami berusaha mencari kawasan untuk parkir tetapi masih tetap saja masih penuh sehingga kami harus berhati-hati ketika membuka pintu mobil agar tidak mengenai mobil lainnya. Setelah itu kami pergi ke toko mencari beberapa biji dan membeli beberapa paket kacang, wortel dan selada. Kami lalu lanjut mencari tanaman dan ibu menentukan sepaket yang penuh dengan bunga. Akhirnya kami membayar untuk semua pembelian kami di kasir sebelum kami keluar ke mobil.
Kami sangat menikmati perjalanan kami, terutama dikala ayah menyampaikan kita sanggup membeli es krim dari kendaraan beroda empat es krim yang ada di parkiran mobil. Sungguh pengalaman menyenangkan!
Perbedaan Recount text dengan Narrative text adalah bahwa dari segi generic structure atau susunan isi, recount hanya menceritakan tentang events (urutan kejadian suatu peristiwa) dari awal terjadi sampai selesai. Sedangkan Narrative lebih menceritakan tentang complication (konflik yang terjadi) dan resolution (penyelesaian masalah) baik itu berupa happy ending maupun sad ending.
Semangat selalu and don't give up, guys!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Teks Recount tentang Liburan dan Terjemahannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel